| 3 comments ]



Fedora melalui website resminya mengumumkan rilis terbarunya, Fedora 10. Fedora 10, dengan code name "Cambridge", yang terbaru ini menawarkan versi stabil yang mutakhir dengan desktop GNOME 2.24 dan KDE 4.1 dan juga diklaim memiliki startup yang jauh lebih cepat dan mulus berkat Plymouth dibandingkan pendahulunya. Fungsi printing yang lebih sempurna, dukungan web cam yang lebih baik, peningkatan pada wireless network connection sharing, kemudahan dalam pemeliharaan dan update software Package kit yg diupdate ke versi RPM 4.6, dan dukungan langsung terhadap virtualisasi merupakan utilitas dan nilai tambah bagi Fedora Cambridge ini. Dalam hal security, Cambridge dipersenjatai security tool baru untuk IDS (Intrusion Detection System) bernama SecTool. Dari segi tampilan, Cambridge dipercantik dengan thema desktop baru "Solar" dan juga menyediakan lingkngan desktop kelas blu LXDE yang rigan. Bagi pengguna pengembang dan sysadmin Fedora 10 kali ini telah menyediakan Eclipse 3.4 dan IDE Netbeans.

Tampilan desktop Fedora 10 codename Cambridge :


Berikut detail fitur-fitur utama yang diadopsi oleh Fedora Cambridge :

Dukungan Printer :

  • Peningkatan pengelolaan dan penanganan mesin cetak lebih baik. Antarmuka pengguna untuk system-config-printer diperbaharui dengan tampilan yang lebih elegance, dan lebih ramah sejajar dengan tampilan aplikasi desktop lain. Kali ini system-config-printer tidak perlu lagi dijalankan dengan otoritas sebagai root.

Peningkatan dukungan Remote :

  • Koneksi dengan remote controls untuk aneka aplikasi yang memerlukan pengarutan jarak jauh via sinyal infra-red kini lebih mudah. LIRC (Linux Infrared Remote Control) banyak digunakan di aplikasi media yang mendukung Infra-red remote controls. Fitur ini mempermudah koneksi sehingga 'just work' di kebanyakan aplikasi. Menggunakan Fedora untuk sebuah media-center yamh memanfaatkan fungsi remote control menjadi lebih mudah.

Startup sistem lebih mulus:

  • Fedora 10 memanfaatkan fitur Kernel-Based Mode-Setting (KMS) untuk misalnya mendukung hardware grafis Radeon mulai model 9500. Dengan teknik ini kernel Linux menyediakan dukungan langsung setelah inisialisi sesuai tipe monitor dengan modus grafis yang dibutuhkan. Kernel juga mengambil alih sebagian besar tugas yang sebelumnya diproses X-Server. Dengan demikian pergantian antara X-Server dan teks VGA, seperti juga konsol Framebuffer berlangsung jauh lebih cepat karena penyetelan ulang resolusi gambar yang memakan sumberdaya tidak lagi perlu dilakukan. Bila konsol Framebuffer diaktifkan atau menggunakan hardware Radeon yang mendukung KMS, aplikasi Plymouth langsung tampil grafis dari awal dengan thema 'Solar' bawaan Fedora 10. Pemilik kartu grafis yang mendukung KMS dapat menyaksikan proses awal grafis yang mulus dan relativ cepat.

Dukungan Webcam lebih baik:

  • Aplikasi popular v4l telah di patch Fedora untuk dapat digunakan dengan libv4l: amsn, camE, camstream, cheese (gstreamer), ekiga (ptlib), gyachi, xawtv dan ucview (unicap). Hal ini memungkinkan banyak hardware yang langsung jalan 'out of the box' termasuk sejumlah webcam drivers yang terpasang di kernel memungkinkan banyak aplikasi yang didukung menggunakan drivers tersebut.

Glitch Free Audio:

  • PulseAudio sound server diperbaiki dan ditulis ulang sehingga kini dapat menggunakan 'timer-based audio scheduling' dibanding sebelumnya yang menggunakan pendekatan 'traditional interrupt-driven'. Pendekan ini tidaklah berbeda dengan apa yang telah digunakan di sistem seperti Apples CoreAudio dan Windows Vista audio subsystem yang memiliki kelebihan hemat energi seraya meminimalkan drops-outs dan memungkinkan pengaturan yang lebih fleksibel.

Berbagi koneksi lebih mudah:

  • Fitur Connection Sharing memungkinkan ad-hoc jaringan wifi lebih mudah ke mesin yang tersambung ke internet atau yang memiliki kartu wireless ganda. Bila mesin utama dengan koneksi internet (kabel, niskabel: 3G, second wireless card), dapat di set-up routing agar komputer yang tersambung via ad-hoc wifi network dapat berbagi koneksi ke dunia luar termasuk internet. Fitur seperti ini bermanfaat misalnya dalam sebuah konferensi memungkinkan ketersedian banyak jaringan dengan jumlah koneksi yang umumnya terbatas.

First Aid Kit : Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Linux;

  • Sebuah sistem recovery yang bekerja otomatis bila terjadi ganguan terhadap sistem. Firstaidkit menangani masalah melalui plugins yang fokus dan masing-masing memonitor bagian khusus seperti grub, init scripts atau Xserver. Firstaidkit didesign untuk memperbaiki masalah secara otomatis sekaligus memastikan agar integritas data tetap terpelihara. Dalam kata lain, Firstaidkit akan melakukan sebaik mungkin perbaikan sistem dan memberikan peluang untuk membatalkan perubahan yang telah dilakukan.

RPM Fusion : Lumbung non-free stuffs;

  • RPM Fusion yang belum lama diresmikan adalah sumber untuk segala yang non-free namun dibutuhkan untuk kenikmatan menggunakan Fedora. Repository baru ini merupakan gabungan dari tiga repositori yaitu Freshrpms, rpm.livna.org dan Dribble untuk memudahkan pengguna Fedora dan Red Hat Enterprise Linux mendapatkan Software tambahan dan Codecs untuk Audio maupun Video yang tidak disediakan di repositori resminya.

Update ke RPM 4.6:

  • PAckage kit update ke RPM 4.6 yang menawarkan pengelolaan paket lebih mudah dan bekerja lebih cepat serta intregrasi PackageKit yang memiliki tampilan grafis baik untuk GNOME maupun KDE.

Sectool: Pengamanan via Security Audit:

  • Sebuah sistem audit sekuriti baru berikut sebuah 'Intrusion Detection System' will be there. Sectool adalah paralatan kemanan yang digunakan baik sebagai 'security audit' maupun sebagai bagian dari sistem deteksi terhadap penyusupan. Pengguna yang berpengalaman dapat mempelajari dokumentasi dan logs dari percobaan dan dapat memanfaatkan scripts untuk memperbaiki celah keamanan.

Download Link : Fedora Project

3 comments

Anonymous said... @ February 13, 2009 at 11:45 AM

ada gambar desktop kde-nya g?
soalnya gw lebih prefer kde dibanding gnome..
pas di fedora 9 kde 4-nya agak2 aneh

Admin said... @ February 14, 2009 at 11:32 PM

Hmmm...
belom pernah pake KDE sih di Fedora, soalnya klo buat Fedora entah kenapa saya lebih nyaman aja pake Gnome gitu
hehehe

Anonymous said... @ November 22, 2009 at 9:08 AM

Duwh.......,

Boz,,
Pnya artikel tntang ICS d' Fedora 11 gugh ??,,
Gua agi btuh bgt n'e Boz,,

So'al'nah susah luw d' browc'ng,,
Gugh nemu Gua !!!

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda mengenai tulisan di atas