| 2 comments ]


FreeBSD, dengan slogan khasnya "The Power To Serve", pada tanggal 5 January 2009 yang lalu melalui website resminya mengumumkan rilis terbaru sistem operasi FreeBSD 7.1.
Pada rilis yang dilakukan oleh FreeBSD release Engineering Team kali ini terdapat beberapa peningkatan fungsionalitas dan beberapa fitur terbaru FreeBSD 7.1 ini, antara lain :
  • Penggunaan ULE Scheduler secara default pada GENERIC Kernel untuk sistem amd64 dan i386. Penggunaan ULE Scheduler ini meningkatkan performansi pada sistem multicore yang memiliki banyak workload.
  • Dukungan terhadap penggunaan DTrace pada kernel yang telah diimport dari Open Solaris. DTrace merupakan framework tracing yang kompeherensif.
  • NFS Lock Manager (NLM) client yang baru dan lebih baik.
  • Boot loader yang dapat diganti sehingga memungkinkan boot dilakukan melalui USB Devices dan booting dari GPT-Labeled Devices.
  • Ditambahkannya perintah cpuset(2) system call dan cpuset(1), yang menyediakan sebuah API untuk keperluan thread agar dapat melakukan CPU Binding dan CPU Resource Grouping dan assignment.
  • Update KDE ke versi 3.5.10 dan update Gnome ke versi 2.22.3.
  • Untuk pertama kali, FreeBSD tersedia dalam ukuran DVD untuk arsitektur sistem amd64 dan i386.
Untuk informasi selanjutnya mengenai detail update dan perubahan pada rilis FreeBSD 7.1 ini, kunjungi online release notes dan erratta list melalui link sebagai berikut :
Ketersediaan ISO Image.

FreeBSD release 7.1 tersedia untuk untuk arsitektur sistem amd64, i386, ia64, pc98, powerpc, dan sparc64. FreeBSD 7.1 memungkinkan untuk diinstal melalui file Image ISO Bootable atau melalui jaringan. File-file yang dibutuhkan dapat didownload via FTP atau BitTorrent.
  • dvd1
FreeBSD untuk pertama kali menyediakan instalasi melalui media DVD. Dalam dvd1 ini telah tersedia semua file-file yang dibutuhkan dalam instalasi dasar sistem operasi FreeBSD, koleksi pre-built packages, dokumentasi, dan memungkinkan untuk masuk ke sebuah "livefs" dengan rescue mode.
  • disc1, disc2, disc3, livefs, docs
disc1 terdiri atas file-file yang dibutuhkan dalam instalasi dasar sistem operasi FreeBSD dan beberapa pre-built packages. disc2, dan disc3 terdiri dari koleksi pre-built lainnya. Semua dapat di-burn ke dalam media CDROM dan digunakan untuk pilihan instalasi normal.
  • livefs
livefs memungkinkan user untuk masuk ke sebuah lingkungan sistem "livefs" dengan rescue mode tetapi tetap juga dibutuhkan disc1 untuk booting pertama kali.
  • bootonly
bootonly memungkinkan untuk melakukan booting melalui CDROM drive tetapi tidak mendukung untuk melakukan instalasi FreeBSD secara normal melalui CD bootonly ini. bootonly ini digunakan untuk melakukan instalasi sistem FreeBSD melalui jaringan (misalnya melauli sebuah FTP Server).

FreeBSD dapat didownload pada link FTP berikut :
Link :FreeBSD 7.1 Release Anouncement

2 comments

saungupdate said... @ January 3, 2013 at 2:01 PM

mantap gan...

Anonymous said... @ October 7, 2013 at 4:20 PM

Permisi gan. numpang elmu diblognya. saya pemula untuk freebsd, kalo juragan gak keberatan boleh kasih Ref freebsd ebook bahasa untuk dasar jaringan. sekian dan terimakasih

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda mengenai tulisan di atas