| 4 comments ]

UNIX sebagai sebuah sistem operasi open source yang memungkinkan code nya untuk dilihat , dimodifikasi dan didistribusikan kembali tentunya memiliki perkembangan dari hari ke hari hingga terbentuk sistem operasi UNIX yang ada seperti sekarang ini. UNIX dengan kekuatan open source nya telah menarik minat para developer di seluruh dunia untuk berkontribusi mengembangkan UNIX. Kontribusi dan buah pemikiran dibarengi kerja keras para developer UNIX tersebutlah yang membuat kepopuleran dan dukungan terhadap sistem operasi UNIX begitu tinggi.

UNIX yang pada awal terbentuknya di tahun 1965 silam, merupakan proyek gagal yang sebelumnya diberi nama Multics, kini telah berkembang dengan begitu pesat seiring dengan perkembangan dunia IT khususnya dalam bidang sistem operasi. UNIX kini telah menjelma menjadi varian-varian UNIX dan distribusi-distribusi UNIX yang beragam dengan berbagai fitur-fitur menarik yang ditawarkan oleh masing-masing pengembangnya. FreeBSD yang diklaim sebagai sistem operasi yang memiliki performance dan tingkat keamanan yang tinggi, OpenBSD juga, NetBSD, maupun PC BSD yang tergabung dalam BSD Family, SUN Solaris sebagai sistem operasi server enterprise yang handal dalam hal clustering, MAC OS dari Apple yang memiliki animasi dan tampilan yang menarik tentunya tidak akan pernah lepas dari perkembangan sistem operasi UNIX itu sendiri. Linux pun yang kernel nya pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald berawal dari hasil pengembangan sistem opeasi UNIX. Semua sistem operasi tersebut telah mencapai puncak yang dalam perkembangannya tidak bisa lepas dari perkembangan UNIX sendiri. Sistem Operasi tersebut tergabung dalam UNIX-Like, yang memiliki sistem dan hirarki file seperti UNIX.

Tentunya mengetahui perkembangan UNIX merupakan salah satu modal dasar bagi pengguna sistem operasi UNIX tersebut untuk dapat memulai menggunakan UNIX/UNIX-Like jenis mana yang akan digunakan dan juga untuk mengetahui lebih spesifik lagi varian dan distribusi UNIX yang digunakannya. Bagi para developer UNIX atau bagi yang ingin menjadi developer UNIX tentunya pengetahuan ini akan sangat berguna untuk menentukan arah pengembangan UNIX yang dikembangkannya.
Download Unix TimeLine-A4

4 comments

l said... @ January 9, 2009 at 6:50 AM

sip...

ini yang saya cari...

Cesar Junior said... @ September 21, 2012 at 10:00 AM

mantap...!!
ijin kutip ya gan.. :D

comentator said... @ December 20, 2013 at 1:58 PM

Wah gimana ya

Unknown said... @ January 3, 2014 at 5:48 AM

Keren sob

www.kiostiket.com

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda mengenai tulisan di atas